Sabtu, 14 September 2013

Apakah anda penasaran kemungkinan diagnosa keperawatan di setting perawatan jiwa sebenarnya apa saja? Apakah selama ini diagnosa keperawatan jiwa cukup akurat?





Penelitian telah dilakukan dan sebagian hasil dari penelitian adalah sebagai berikut:

Hasil penelitian menunjukkan hanya 18 dari 102 diagnosa keperawatan yang ditemukan akurat jika dirujuk pada NANDA International Nursing Diagnoses. Nursing diagnose yang sering diangkat oleh perawat hanya mencakup 15 diagnostic foci (Axis I in NANDA taxonomy) sementara kemungkinan diagnosa yang diidentifikasi berdasarkan tanda dan gejala yang ditemukan merujuk kepada 33 diagnostic foci. – EVIDENCE BASED!!!

Kesimpulannya? Mungkin masih banyak diagnosa keperawatan di setting keperawatan jiwa yang tidak pernah diangkat oleh perawat... Apa saja dignosa keperawatan/kolaboratif tersebut?

Penasaran? hasil penelitian ini akan di presentasikan dalam

Australian College of Mental Health Nurses 39th International Mental Health Nursing Conference 2013 di Perth 22-24 October 2013 (http://acmhn2013.exordo.com/)
dengan judul penelitian:
'AN ANALYSIS OF THE NURSING DIAGNOSES ESTABLISHMENT IN INDONESIAN PSYCHIATRIC SETTINGS' (Roxana Devi Tumanggor, Intansari Nurjannah, Nanda Sartika).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar