Senin, 29 Juli 2013

kti kebidanan cara memandikan bayi bab 1



BAB I
PENDAHULUAN



1.1    Latar Belakang
Bayi anda tidak perlu sering mandi asalkan anda mau mencuci area popok dengan seksama selama penggantian popok. Jika dimandikan lebih sering, kulitnya dapat menjadi kering. Saat pertama kali memandikan mungkin merupakan saat yang membingungkan bagi para ibu terutama bagi ibu yang pertama kali mempunyai bayi akan merasa takut dan tidak berani untuk memandikan bayinya sendiri. Selama seminggu atau dua minggu pertama, sampai tali pusat lepas, bayi yang baru lahir sebaiknya dibasuh saja dengan spons dalam ruang yang hangat taruh bayi ditempat yang rata dan menyenangkan untuk anda berdua, meja ganti, ranjang, lantai atau tempat yang dekat wastafel. Alasi permukaan yang keras dengan selimut atau handuk. Jika bayi diletakkan pada permukaan diatas lantai, gunakan pengikat atau pegang dengan satu tangan sepanjang waktu agar bayi tidak jatuh.

1.2    Masalah
Sebaiknya anda tidak memandikan bayi sesudah minum, karena biasanya segera sesudah diberi minum, mereka akan tertidur. Jika bayi sudah lebih besar lagi, sesudah ia mendapat makanan padat, anda dapat memandikan lebih pagi lagi.
Untuk memandikan pakailah air yang cukup hangat, karena suhu tubuh bayi cepat terpengaruh dan mudah berubah. Setelah dimandikan bayi sebaiknya diajak berjemur di sinar matahari pagi, sehingga ia merasa hangat.
Banyak ibu yang selama ini masih terlihat salah saat memandikan bayinya sehingga si bayi seakan-akan menjadi trauma untuk melihat air, apalagi untuk mandi. Hal ini disebabkan karena kesalahan ibu dalam caranya memandikan bayi, ditambah lagi bayi akan rewel jika hal itu tidak dilakukan dengan kasih sayang yang penuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar